Minggu, 11 Maret 2012

Penggunaan Polynom LaTeX Pada Pembagian Fungsi Polinomial

 Quantcast
Paket Polynom digunakan (di implementasikan) atau diaplikasikan untuk memanipulasi persamaan polinom (Polinomials). Antara lain Kita dapat mensetting polinomial pembagian panjang dan Pembagian Sintetik (Skema Horner), yang dapat kita tampilkan langkah demi langkah. Persoalan pertama dan aplikasinya adalah persamaan polinomial pada satu variabel dengan koefisien bilangan rasonal.

Donald Arseneau telah banyak berkontribusi dalam paket pada komunitas TeX. Khususnya dia mempublikasikan makro untuk pembagian panjang (Pembagian bersusun) pada comp.tex. tex juga telah terpublikasi dalam TGUBoat dan sebagai longdiv.tex pada CTAN.  Paket Polynom mengijinkan kita melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan polinomial. Di Sini kita juga bisa memahami satu contoh dari skema Horner untuk pembagian sintetik.
Pada Algoritma Euclidean untuk menentukan satu pembagi terbesar dari dua polinomial, dan pada hal lain faktorisasi dari polinomial dengan paling banyak dua bilangan rasional bukan nol. Ini harus mencukupi bagi kebanyakan alat bantu.

Bagi anda yang sekarang sedang menyandang gelar sebagai guru SMA khususnya guru mata pelajaran matematika, mungkin paket ini cukup berguna untuk anda. Coba anda bayangkan saja jika kita harus menuliskannya dengan menggunakan Microsoft Word  maka kita akan merasa kesulitan dan akan memakan waktu yang cukup lama. Jadi, saya sarankan menggunakan \LaTeX dengan paket polynom merupakan saran yang pas dalam situasi yang cukup sulit ini.
Cara menggunakan paket ini adalah terlebih dahulu kita harus mendeklarasikan perintah berikut ini pada preambule:
\usepackage{polynom}
Jika anda belum memiliki paket tersebut silahkan dapatkan paketnya di ctan.org

Contoh Penggunaan Paket Polynom
P(x)=x^3 - 7x^2+ 4x + 50 adalah suku banyak x berderajat 3. Pembagian P(x) oleh x-3 dengan dua metode adalah sebagai berikut:
Pembagian Panjang
Gambar 1. Metode Pembagian Panjang
Dengan cara Horner diperoleh:
Gambar 2. Metode Horner
Jika di \LaTeX anda tidak perlu susah-susah menuliskannya. cukup dengan menuliskan perintah:
Untuk gambar pertama yaitu Pembagian Panjang anda cukup mengetikkan perintah:
$\polylongdiv{x^3-7x^2+4x+50}{x-3}$
Untuk gambar kedua yaitu Metode Horner anda cukup mengetikkan perintah
$\polyhornerscheme[x=3]{x^3-7x^2+4x+50}$
Cukup mudah bukan. Jika masih bingung silahkan baca artikel saya di suku banyak

Disadur Dari
Carsten Heinz and Hendri Adriaens. 2006. The Polynom Package Version 0.17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar