Minggu, 11 Maret 2012

Aplikasi Persamaan Diferensial Orde satu


Quantcast
Dalam bagian ini kita akan bahas beberapa penerapan persamaan diferensial orde satu. Dalam kehidupan sehari-hari banyak fenomena yang dalam menyelesaikannya menggunakan persamaan diferensial orde satu. Contoh penerapan diferensial orde satu sering dijumpai dalam masalah pencairan atau pemekatan suatu cairan, masalah suku bunga bank, masalah pembelahan dan pertumbuhan sel, masalah dalam mekanika dan lain sebagainya.

Masalah Konsentrasi suatu cairan

Dalam sub bagian ini kita akan bahas masalah pemekatan dan pencairan suatu zat cair. Dalam masalah ini, kita akan menemukan suatu formula yang menyatakan jumlah dari substansi sebagai suatu fungsi dari waktu t, dimana jumlah ini akan berubah secara teratur setiap satuan waktu.

Contoh : 

Sebuah bak memuat 100 liter air. Karena suatu kesalahan 300 pon garam tertaburkan dalam bak yang mestinya diperlukan 200 pon. Untuk mengatasi masalah ini, dibuanglah air yang sudah bercampur garam dengan teratur 3 liter tiap menit. Dalam waktu yang sama ke dalam bak dimasukkan juga 3 liter air murni. Jika dijaga agar kondisi garam dalam bak merata setiap saat dengan diadakan pengadukan. Pertanyaan yang muncul adalah diperlukan berapa lama agar garam yang ada dalam bak sesuai yang diharapkan yaitu 200 pon?
untuk selengkapnya silahkan download disini !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar